728x90 AdSpace

Latest News

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Tuesday, September 12, 2017

Tahun 2017 Kota Madiun menjadi Kota Pencak Silat

Madiun kota pesilat - kabupaten madiun yang terletak di bagian barat provinsi jawa timur bakal ditetapkan sebagai kampung pencak silat dunia. Hal ini mengingat di Madiun ini banyak lahir perguruan-perguruan silat yang menjadi wadah dalam melestarikan dan menyebarkan budaya silat di Indonesia dan daerah jawa timur khususnya. 

Destinasi Pencak Silat Dunia.

Jika bali merupakan Tujuan wisata Alam dengan keindahan Pantai dan Budayanya, maka madiun akan menjadi destinasi pencak silat dunia. ini merupakan peluang besar. apalagi pencak silat sudah mulai dikenal masyarakat dunia, kata menpora imam nahrawi di sela silaturahmi bersama pesilat di pendopo kabupaten madiun.

peluang pencak silat agar semakin dikenal di kancah internasional memang makin terbuka. apalagi olahraga bela diri asli indonesia ini akan menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan pada kejuaraan empat tahunan terbesar di asia, yaitu asian games 2018 yang akan dilaksanakan di jakarta dan palembang.

Masuknya Pencak Silat menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan pada kejuaraan Asian Games ini, membuktikan bila pencak silat diakui sebagai salah satu cabang olahraga bela diri, kata pria yang akrab dipanggil cak Imin ini.

Sumber Gambar : beritamagetan.com
Paguyuban Kamupung Pesilat.

Jumlah Perguruan Pencak Silat di kabupaten madiun saat ini ada 11 perguruan pencak silat yang semuanya memiliki massa yang besar, antara lain persaudaraan setia hati terate, persuadaraan setia hati tunas muda winongo, persaudaraan setia hati tuhu tekad, iks kera sakti, ki ageng pandan alas, tapak suci, pro patria, persinas asad, merpati putih, pagar nusa dan cempaka putih yang saat ini menjadi satu dalam sebuah wadah asosiasi atau paguyuban kampung pesilat.

dahulu sebelum bergabung dalam satu wadah paguyuban kampung pesilat, Beberapa perguruan sering terjadi gesekan, bahkan sempat disebut sebagai agenda tahunan yaitu pada tanggal 1 Muharram atau malam 1 suro dimana waktu itu dijadikan ajang untuk unjuk kebolehan dan kekuatan. namun, atas adanya peguyuban tersebut tidak ada lagi gesekan yang mengarah pada mengganggu ketertiban masyarakat.

Silat bukan tempat untuk berkonflik, namun silat adalah tempat untuk mengumpulkan dan mengangkat harkat martabat bangsa, kata pria kelahiran bangkalan, madura, itu.

untuk itu, orang nomor satu di kemenpora mengajak pagayuban kampung pesilat untuk memberikan sokongan penuh pengenalan pencak silat ke selurseluruh dunia seperti yang telah dilakukan oleh kemenpora ketika ini. sasaran utamanya adalah pencak silat dipertandingkan di olimpiade.

Pencak Silat dan Industri Pariwisata.

sementara itu, bupati madiun muhtarom mengatakan pihaknya menyambut baik apa yang menjadi rencana menpora imam nahrawi. bahkan pihaknya memiliki program yang lebih besar, yaitu menjadikan pencak silat sebagai industri.



Pencak Silat Madiun

kami ingin pencak silat menjadi industri Pariwisata sekaligus menjadi cabang olahraga prestasi yang layak untuk dibanggakan. ini adalah warisan budaya indonesia. jadi harus dilestarikan, katanya ketika dikonfirmasi.

BACA JUGA : BLUDER MADIUN - OLEH-OLEH KHAS KOTA MADIUN


dalam silaturahmi atas asosiasi kampung silat ini pula diperagakan seni bela diri dari 11 perguruan yang ada. semuanya menyajikan kekhasan yang dimiliki masing-masing perguruan. ketika ini di bawah binaan ipsi madiun pula disiapkan atlet-atlet muda yang ke depan bakal menjadi tulang punggung timnas pencak silat indonesia.




Newer Post
Previous
This is the last post.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Tahun 2017 Kota Madiun menjadi Kota Pencak Silat Rating: 5 Reviewed By: radenmz
Scroll to Top